Jumat, 01 Mei 2009

Screaming Masterpiece

Screaming Masterpiece adalah sebuah film documenter tentang musisi-musisi islandia, lengkap dengan interview dari pendapat beberapa artis islandia tentang musik negrinya itu.
Mungkin seharusnya saya menuliskan ini pada bagian review instead of blog section,tapi ga bisa uy…film ini terlalu luar biasa untuk tidak saya ceritakan pada dunia kangouw.

Opening film yang dibuka oleh Sigur ros & Amina yang membawakan lagu #8 aka pop, sangat sadis,miris dan bikin merinding bulu kuduk.Dah kebayang, di menit awal nonton film ini,kita akan disuguhkan oleh penampilan artis-artis islandia yang sangat brilliant dan unik. Musik mereka selalu memberikan warna dan nuansa tersendiri, seolah musik mereka bernyanyi, musik mereka adalah vokalnya, dan vocal mereka justru alat musiknya. Nuansa dingin, gelap, harmonisasi yang kuat pasti ada di musik mereka.

Bardi Johanssonn – dia adalah lead singer dari band Bang Gang, perancang busana, sutradara,etc – berkata, “Yet,people keep asking me,why islandic music is so special? The reason is that,the band that are any good,they all know that their music won’t be played on the radio, they know they won’t sell more than 200 albums in Iceland, especially when it’s a young band, so they make music as they please”.

Mungkin tepat seperti apa yang dikatakan Bardi diatas, saat bermain musik tidak untuk komersialisasi, maka yang dihasilkan akan brilliant. Tidak lebih bagus, tapi brilliant!

Selanjutnya, film ini juga menampilkan cuplikan konser dari diva islandia,bjork, yang tampil sangat cantik dengan membawakan lagu All is full of Love di New York. Dan beberapa interview dari band-band islandia terkenal lainnya seperti Mum, Mugison, Slowblow, composer HILMAR ÖRN HILMARSSON, dan lainnya.

Penampilan lainnya yang luar biasa disuguhkan oleh 4 orang wanita yang tergabung dalam sebuah band bernama Amiina. Musik experimental yang dihasilkan oleh alat – alat yang tidak lazim digunakan (seperti gergaji kayu), sangat impresif dan bisa membuat kita tercengang.

Selain musik – musik experimental, di islandia juga marak grup band – group band postpunk, rap atau hardcore seperti minus, yang tampil sangat energik di film ini.Berikut ini content secara garis besar cuplikan penampilan band-band islandia yang ada di film ini
(sumber : www.screamingmasterpiece.c
om) :

Contents:

Opening

1. Múm & Slowblow
2. Apparat Organ Quartet
3. Eivör Pálsdóttir
4. Björk Concert in NYC Part I
5. Mugison
6. Odin's Raven Magic
7. Slowblow (starts with the interview of Dagur Kari Petursson)
8. Múm
9. Björk & the Sugarcubes
10. Ghostigital
11. Quarashi
12. Amina
13. Björk Concert in NYC Part II
14. Sigur Rós Concert in NYC
15. Singapore Sling & Vinyl
16. Mínus
17. The West Coast of Iceland – Mugison
18. The South Coast of Iceland – Nilfisk
19. Björk
20. Credits

Mungkin karena iklim yang mendukung
(tau ga,di islandia itu ada masa 24 jam matahari terus bersinar, dan ada masa juga dimana 24 jam total)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar